Senin, 12 April 2010

Search Engine Optimization (SEO), Bagian ke-1

January 11, 2010 By: Muliardy Banun Category: Tips SEO

SEO (Search Engine Optimization)Bagi para pebisnis internet, Search Engine Optimization / SEO tentunya tidak asing lagi, karena SEO ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung secara gratis. Pengunjung adalah faktor yang paling utama dalam menjalankan bisnis online, tanpa pengunjung berarti anda tidak akan mendapatkan apa-apa, karena setiap pengunjung berarti prospek, dan setiap prospek beararti klien, dan setiap klien berarti uang, jadi pengunjung berarti uang.

Makanya untuk menjalankan Bisnis Online, pemilik situs berusaha bagaimana caranya agar situsnya banyak pengunjungnya, dan salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung gratis ke situsnya adalah dengan cara search engine optimization / SEO. Saya katakan pengunjung gratis karena ada juga pengunjung yang berbayar, kita harus mengeluarkan uang untuk mendatangkan pengunjung. Untuk kali ini saya hanya membahas pengunjung gratis lewat SEO, untuk mendatangkan pengunjung yang berbayar akan dibahas dilain waktu.

SEO, Bagaimana cara kerjanya?

Anda tau, setiap hari ratusan juta (bukan cuma ratusan ribu) yang online di internet diseluruh dunia, dan setiap hari orang yang pergi online bertambah terus. Keperluannya tentu bermacam-macam, ada yang sekedar surfing, ada yang mencari informasi, ada yang berbelanja, ada yang berbisnis, ada yang chatting, ada yang bermain game, dan lain sebagainya.

Kebanyakan orang yang online, apabila mencari sesuatu akan mencari melalui mesin pencari (search engine) dengan mengetikkan kata kunci atau yang berhubungan dengan kata kunci di kotak mesin pencari yang tersedia di halaman situs, atau langsung ke Google (mesin pencari yang sangat terkenal didunia) untuk mencari sesuatu yang diinginkan.

Misalnya mau mencari informasi tentang ‘komputer’, lalu mengetikkan kata ‘komputer’ di kotak search engine, maka muncullah halaman-halaman atau situs-situs yang berhubungan dengan ‘komputer’ mulai dari urutan pertama sampai urutan ke juta an. Nah, orang kebanyakan hanya mengklik urutan 1 sampai 10 yang terdapat dihalaman pertama, atau paling banyak orang membuka sampai halaman 3 (urutan ke 30), halaman seterusnya orang sudah malas membukanya.

Bagi para pemilik situs, akan berusaha semaksimal mungkin agar situsnya bisa muncul di urutan 10 besar, dengan demikian diharapkan situsnya akan mendapat pengunjung secara gratis berkat jasa search engine tadi. Ingat, dalam dunia bisnis online, pengunjung berarti uang.

Nah, bagaimana caranya agar situs kita bisa muncul di hasil pencarian Google khususnya masuk di urutan 10 besar hasil pencarian search engine?

Untuk bisa muncul di hasil pencarian Google terutama di urutan teratas 10 besar search engine, situsnya harus di optimisasi. Inilah yang dinamakan “Search Engine Optimization (SEO)”. Kalau terjemahannya kira-kira “Optimisasi Mesin Pencari”, tapi maksudnya adalah ‘optimisasi situs agar sesuai dengan alur jalan mesin pencari’. Mesin pencari itu sudah diprogram menurut aturan-aturan yang telah ditetapkan, jadi untuk bisa muncul diurutan teratas hasil pencarian, situsnya harus menuruti aturan si mesin pencari tersebut.

Sekarang, bagaimana caranya membuat SEO, mengoptimisasi situs agar muncul di urutan teratas hasil pencarian ?

Lain waktu disambung lagi.

Salam,

Muliardy Banun

http://muliardybanun-online.com/search-engine-optimization-seo-bagian-ke-1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar